Category Archives: Cerpen Bahasa Indonesia

OPERA BATU TAK BERUJAR (By Fajri Raizal Kurniawan)

Batu biarlah tetap menjadi batu. Ia buta, tak mampu berujar, bercakap dengan hatipun tak lagi sanggup. Batu tetaplah menggelinding pada tanah-tanah merah. Apa mereka bercanda dalam gerak pasifnya. Tetapi, bagi Opung, batu hanyalah akumulasi dari kehampaan bumi. Kehampaan yang berisi pada lelengketan tanah merah. Batu itu tak patut tuk dihargai. Biarlah mata bergejolak berotasi pada pupil dan segi-seginya. Batu itu tak lagi punya arti, tak selayaknya sampah yang hanya menambah beban pada kotaknya. Begitulah opungku, bergumam dalam pahitnya lidah tua, bergeming dalam kadar defisiensi humor. Aku hanya tertancap pada telinga bersuar. Opung tak suka tingkahku pada koleksi batu-batu yang tertata rapi di kamar. Bagi opung, batu itu bakal lapuk bak hati yang memar dengan dendam dan hasrat neraka. Apalah ujar opung, biarlah angin sepoi tebarkan ucap dengki, tersapu bersama daun di tanah merah.

Read the rest of this entry

NYEPI TAK HARUS SEPI

Goresan tinta Fajri Raizal Kurniawan

Masih dalam raga yang sama
Namun dengan hari yang berbeda
Hari besar bagi kaumnya
Nyepi katanya Read the rest of this entry

ga

Seorang Ibu adalah pelita bagi anaknya,mereka yang melahirkan dan mereka yang membesarkan. Dan itu artinya Ibu adalah seseorang yang harus di jaga dan di hormati”

Tak tau harus berkata apa, hidupku terpikuli dengan beban yang berat, ibu ku sekarang sudah tua. Dia tak bisa melakukan apa-apa lagi. Jangankan bekerja, untuk membuang air kecilpun dia sangat menyusahkan. Huft,aku muak dengan hidup yang seperti ini,aku  ingin bebas dari semua ini. Sesekali aku hanya membiarkan ibuku mengurus dirinya sendiri,karena aku sibuk bekerja untuk mencari makan ku dan makannya. Aku adalah seorang kuli di pasar Tanah Abang, aku bekerja mulai dari pukul 4 pagi hingga para pemborong habis sekitar pukul 07 malam. Hidup memang susah kalo di pikirin, belum lagi dengan penghasilanku yang sangat di bawah rata-rata ini. Aku lulah dengan ibu yang seperti itu,aku yang harus membayar kontrakan rumah,dan aku yang mengurusi semua hal ini. Aku mempunyai seorang kakak yang benar-benar tak tahu di untung. Setelah ibu mengenyekolahkan nya hingga S1,dia hanya pergi jauh meninggalkan kami. Oleh karena itulah ibu sakit parah sampe saat ini.

Read the rest of this entry

Terlantar Di Ujung Maut (Oleh Fajri Raizal K)

download

Gemuluh derai air mata bumi terus mengalir tak berhenti untuk membasmi sang kilau. Rangsangan gerumuk membeber dikulit nan tipis,bagaikan mencengkram san mangsa terakhir. Badan yang mulai lunglai akan kejam bumi,membuat takut untuk menatap keluar alam yang tak pernah di ketahui. Hidup memang tak bisa di tebak,terkadang hancur,hanyut tak terlihat, bahkan berdarah meninggalkan noda yang teramat dalam. Hilangnya sang berlian hati cukup membuat hidupku malayang membawa ke dimensi gelugur tak berkehidupan. Penuh dengan kotoran yang tak ingin ku miliki,dan jauh dari cengkraman sengat panas yang susah di miliki.

  Read the rest of this entry

Kilauan Hati ( Oleh Fajri Raizal K)

faj

Hancur dalam kegelapan dengan melodi nan indah sangat pedih terasa,belumlah sampai pada penghujung air garam pun tumpah di atas kulit tak berlapis. Dunia bagaikan hancur penuh dengan gejolak rasa marah yang terpendam di dalam hati,ingin sekali rasanya menusukkan ratusan duri keseluruh bagian badan nan terkikis. Setitik demi setik berlian mulai berjatuhan dilapangan luas nan tak bernoda. Itu adalah ukiran senandung sakit di dalam hidupku. Matahari yang tak pernah tau betapa panas nya bumi, dan bulan yang datang membalut kegelapan sangat sulit untuk di mengerti.

Read the rest of this entry

Berlian Di Dalam Sentuhan

keren

http://bradt.ca/blog/the-reason-why-i-am-loving-android-over-the-iphone/

“GADGET”,kata itu udah gak asing lagi di telinga anak muda zaman sekarang. Memang udah terbukti bahwa gadget adalah salah satu kebutuhan yang cukup krusial bagi anak muda, di tambah lagi dengan teknologi yang canggih yang hanya menggunakan sentuhan saja. Salah satu merek yang mendunia saat ini adalah Apple.  Semenjak kemunculan iPhone generasi pertama sekitar tahun 2007, produk yang satu ini mebludak menjadi salah satu teknologi yang di cari-cari.  Dibalik kemegahan dari Apple sendiri,banyak fakta yang belum tentu7 banyak orang mengetahuinya. Yuk langsung aja kita bahas fakta menarik tentang benda imut satu ini.

Read the rest of this entry

Geliakan Sang Pahlawan Tak Terbalas(Oleh Fajri Raizal K)

     fajriraizalk

Dengan kaki yang kuat menapak pada bumi dan hati ramah penuh kejujuran kasih, aku bersiap untuk berangkat menuju  istanaku. Pintu gerbang sekolah menjadi awal petualangan ku. Aku adalah pemberi cahaya yang di setiap kerlipnya terdapat kebajikan dan keindahan yang penuh makna, menyinari setiap calon generasi penerus bangsa di sebuah ruangan penjaga ilmu. Akulah seorang guru, yang tak pernah  lelah untuk mengajar para calon generasi penerus bangsa.

Read the rest of this entry

Gak Gaya? Gak Modis?Gak Hidup Dong!!(Oleh Fajri Raizal K)

gaya
Banyak orang bilang jadi terkenal biasanya akan menjadi seorang panutan atau lebih kerennya sering kita dengar seorang Idola. Banyak orang mati-matian ingin membuat dirinya sama (sebenernya sih sok-sok nyamain gitu) dengan para idolanya masing. Ternyata hal ini mewabah dari kalangan anak bontot sampe kakek-kakek dan nenek-nenek yang umurnya udah bias di itung 😛 . Huft,,,Hidup emang keras ya,kalo gak punya filter yang pamungkas apapun bias kebawa (Ibarat kate kudu make antivirus yang jitu dulu baru bias macem-macem) .

Read the rest of this entry